Pada mata kuliah
softskill semester ini membahas tentang teori komputasi dan implementasi
komputasi.
·
Teori
Komputasi
Apa itu
komputasi? Komputasi adalah suatu proses umum pada bagian informasi untuk
memecahkan suatu masalah yang sudah dinput dengan menggunakan suatu algoritma
yang terkait. Komputasi juga dapat disebut sebuah subjek dasi sebuah komputer
sains, yang bertugas untuk menganalisa secara komputasi apayang bisa dilakukan
dan mana yang tidak bisa. Teori Komputasi adalah suatu pembahas tentang
bagaimana dan apakah suatu masalah dengan menggunakan suatu algoritma yang
dapat dipecahkan oleh model kompilasi yang dimana berkatan dengan cabang ilmu
komputer dan matematika.
Zaman dahulu para
manusia pada saat menghitung sesuatu hanya menggunakan pena, kertas, batu dan
lain-lain yang dapat membantu proses perhitungan. Bahkan terkadang hanya
menggunakan otak sebagai pengingat. Tetapi pada zaman ini proses perhitungan
sudah semakin kompleks dibandingkan dengan zaman terdahulu sehingga memerlukan
sebuah alat agar mempermudah manusia untuk memecahkan masalah tersebut.
Sehingga pada saat ini kita membutuhkan sebuah cara untuk menyelesaikan masalah
tersebut yang dapat disebut sebagai komputasi.
Pada bagian
teori komputasi telah dibagi menjadi dua bagian antara lain teori kompleksitas
dan teori komputabilitas. Pada kedua bagian tersebut sangat berhubungan denga
model formal komputasi. Kompleksitas adalah sebuah ilmu dimana mengkaji sebuah
sistem yang dinamik secara keseluruhan. Sedangkan komputabilitas adalah
bertugas sebagai pemeriksa batasan-batasan pada model-model teoritis yang
digunakan oleh komputer.
Pada bidang komputasi ini lebih kepada sebuah
pemahan tentang suatu masalah manusia yang mencari jawaban yang lebih baik dengan
menggunakan suatu model-model aritmatika dalam bidang komputer dengan
menggunakan landasan teori yang sedang berkembang sehingga membuat pemahaman
yang lebih baru.
·
Ada pun beberapa bagian
dari komputasi yaitu:
1. Mobile Computing atau Komputasi Bergerak
Mobile computing (komputasi bergerak) adalah sebuah kemajuan teknologi komputer yang dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
1. Mobile Computing atau Komputasi Bergerak
Mobile computing (komputasi bergerak) adalah sebuah kemajuan teknologi komputer yang dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
Contohnya: smartphone, dll
2. Grid Computing
Komputasi grid disini adalah memanfaatkan suatu kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan.
3. Cloud Computing atau Komputasi Awan
Cloud computing adalah perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi. Abstraksi, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, menghapus rincian kerja yang kompleks dari visibilitas.
2. Grid Computing
Komputasi grid disini adalah memanfaatkan suatu kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan.
3. Cloud Computing atau Komputasi Awan
Cloud computing adalah perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi. Abstraksi, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, menghapus rincian kerja yang kompleks dari visibilitas.
Contohnya dari satu provider Indonesia XL, yaitu XL Klik,
dimana dengan menginstall XL Klik User sudah dapat menikmati beberapa aplikasi
jejaring social, yang sebenarnya aplikasi itu terinstall di server XL, bukan di
handphone mereka.
·
Implementasi
Komputasi
Adapun implementasi
pada komputasi yang digunakan pada bidang ilmu pengetahun adalah pada bidang fisika, kimia, biologi, ekonomi,
sosiologi dan lain-lain. Kita dapat melihat pada pembahasan dibawah ini.
1. Computational Physics (Fisika) –
Implementasi pada ilmu pengetahun fisika dimana kita menggunakan algoritma
numerik untuk memecahkan permasalahan teori kuantitatif fisika yang sudah ada.
2. Computational Economics (Ekonomi) – implementasi
pada ilmu pengetahuan ekonomi adalah mempelajari agent-based computational
modeling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan, computational
modeling of dynamic macroeconomic systems, pemrograman yang didesain khusus
untuk komputasi ekonomi, dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi
ekonomi.
3. Computational Chemistry (Kimia) –
Implementasi dari bidang ilmu pengetahuan adalah memaparkan dari dari teori
kimia digabungkan dengan program komputer yang handal untuk menghitung struktur
dan sifat molekul.
4. Bioinformatics (Biologi) – Merupakan
sebuah aplikasi dari teknologi informasi dan ilmu komputer terhadap bidang
biologi molekuler.
5. Computational Sociology (Sosiologil) –
Sebuah cabang ilsu sosiologi yang menggunakan metode komputasi intensif untuk
menganalisa fenomena sosial.
6. Cognitive Science (Ilmu Kognitif) –
Sebuah cabang ilmu menengah yang mempelajari bagaimana informasi dibentuk dan
digambarkan oleh otak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar