Selasa, 29 November 2011

Desain Pemodelan Grafik

Desain Pemodelan Grafik memiliki arti tersendiri dari 3 suku kata.
Yang perama kita membahas tentang beberapa definisi dari Desain :
a. Desain adalah ketrampilan, pengetahuan dan medan pengalaman manusia yang tercermin dalam apresiasi serta penyesuaian hidup secara spiritualnya.(Analogus with Humanities, Science).
b. Desain adalah lompatan pemikiran dari kenyataan sekarang kearah kemungkinan - kemungkinannya di masa depan.(page,1966)
c. Desain adalah kegiatan kreatif yang membawa pembaharuan.(Reswick,1965) Jadi dapat disimpulkan desain adalah kegiatan manusia untuk menciptakan lingkungan dan khazanah perbendaan buatan yang diolah dari alam.

kemudian arti dari Pemodelan adalah pembentukan suatu benda-benda atau obyek, atau membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup.

Sedangkan arti dari Grafik adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat.

Maka dapat disimpulkan bahwa Desain Pemodelan Grafik merupakan suatu proses dimana akan diciptakan suatu obyek baru menggunakan suatu perangkat lunak yang melalui tahapan-tahapan yaitu membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra. Kegiatan yang biasanya berkaitan dengan grafik komputer adalah pemodelan geometris, rendering, animasi, graphic library/package, application program, dan citra.

Pemodelan geometris: adalah menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D. Transformasi dari suatu konsep ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer:
- Shape/bentuk
Shape (bentuk) adalah salah satu atribut yang penting untuk mengenali sebuah
objek. Pemilihan bentuk stucturing element lebih didasarkan pada kemiripa
dengan bentuk objek. Oleh karena itu bentuk objek dapat digunakan sebagai
penentuan bentuk stucturing element.
- Posisi
Posisi adalah kedudukan benda dari suatu acuan tertentu.
- Orientasi (cara pandang)
- Ciri-ciri permukaan (warna, tekstur)
- Ciri-ciri volumetric (ketebalan, penyebaran cahaya)
- Cahaya (tingkat terang, jenis warna)

Rendering : adalah pengubahan suatu model/objek menjadi suatu image dengan menambahkan efek pencahayaan untuk mendapat hasil yang realistik. Rendering juga kadang diartikan sebagai proses perhitungan efek yang terjadi pada video editing file untuk memproduksi karya final suatu film. Dua aspek utama dalam rendering adalah transport (seberapa banyak cahaya yang didapat dari suatu tempat) dan scattering (bagaimana permukaan benda berinteraksi dengan cahaya). Rendering juga mengandung berbagai macam aspek diantaranya : geometry, viewpoint, texture, lighting dan juga shading. Gambarnya sendiri berbentuk digital image atau raster graphics image. Rendering merupakan salah satu sub topik utama dalam 3D computer graphics. Dan pada prakteknya selalu berhubungan dengan aspek-aspek yang lain. Seperti Graphic pipeline, yang merupakan tahapan terakhir, memberikan tampilan akhir pada model dan animasi. Rendering tidak hanya digunakan pada game programming. Rendering juga sering digunakan untuk desain arsitektur, simulator, movie atau juga spesial effect pada tayangan televisi, dan design visualization. Setiap bidang tadi mempunyai perbedaan dalam keseimbangan antara features dan tehnik dalam rendering. Terkadang rendering juga diintegrasikan dengan model yang lebih besar, paket animasi, terkadang juga berdiri sendiri dan juga terkadang free open-source product.

Animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Animasi bisa berupa gerak sebuah objek dari tempat yang satu ke tempat yang lain, perubahaan warna, atau perubahan bentuk (yang dinamakan “morphing”). Bentuk dasar dari animasi adalah animasi frame per frame. Animasi frame per frame menuntut banyak gambar yang harus dibuat. Efek animasi diciptakan dengan mengganti gambar yang satu dengan gambar yang lain selama beberapa waktu. Contoh animasi frame per frame dapat dilihat pada Help | Samples | Flower. Semua gambar yang bergerak dihasilkan dari gambar yang berbeda-beda tiap framenya. Karena animasi frame per frame harus memiliki gambar yang unik tiap framenya maka animasi frame per frame sangat ideal untuk membuat animasi yang kompleks yang terdiri dari banyak perubahaan seperti ekspresi wajah. Kelemahan dari animasi frame per frame adalah membutuhkan banyak waktu untuk membuat setiap gambar dan menghasilkan file yang besar ukurannya. Di dalam Flash, sebuah frame yang memiliki gambar yang unik dinamakan keyframe. Animasi frame per frame membutuhkan gambar yang unik setiap framenya, hal ini menyebabkan setiap framenya adalah keyframe.
Program aplikasi merupakan program komputer (software) yang memiliki spesifikasi kegunaan khusus. Misalnya saja khusus untuk pembuatan dokumen (oleh kata), olah gambar, olah multimedia, pemutar media.

Graphic Library/package (contoh: OpenGL): perantara aplikasi dan display hardware (Graphic System).

Citra: hasil akhir dari sintesa, desain, visualisasi, dll


Proses-proses yang terkait dalam desain pemodelan grafik:



Kerangka grafik komputer:


Elemen-elemen pembentuk grafis geometri:


Pemrosesan citra untuk ditampilkan di layar:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar