Sabtu, 02 Oktober 2010

New Media

New Media merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Dalam segi manfaat juga dapat di artikan, dimana dikalangan masyarakat semakin mengubah culture, semakin baru. Kata "media" itu berasal dari bahasa latin yang artinya perantara sebuah pesan dengan penerima pesan.

Sebagai contoh dari new media adalah komputer atupun internet yang sangat merepresentasikan media baru. Tetapi program televisi, film, majalah, buku, surat kabar, dan jenis-jenis lain tidak termasuk dengan media baru.

Banyak yang mempunyai pikiran bahwa komputer itu sudah pasti new media, belum tentu komputer adalah new media karena itu menjadi memberi batasan akan definisi "new media" itu sendiri, karena komputer hanya sebuah mesin, tidak bisa menjadi pengukur media itu adalah new media atau bukan.

Sekarang ykita lihat dari sisi yang lain. Jika dilihat dari sisi "distribusi", jadi bila hasilnya baru (berupa digital misalnya) itu baru new media. Dan jika dilihat dari sisi ini berarti koran cetak termasuk sebagai old media. Kalau koran online baru di bilang sebagai new media. dan bisa juga koran cetak jadi sebuah new media karena memberikan informasi yang baru. tidak mungkin kan?


Sangat sulit sekali menjelaskan apa itu new media, karena new media itu dapat dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. Itulah yang membuat sangat sulit untuk mendefinisikan apa itu new media?

Tetapi dengan menggunakan alogaritma yang tepat, kita dapat dengan otomatis membuang “noise” dari foto, meningkatkan kontras warna, mencari sisi-sisi dari bentuk, atau mengubah proporsi dan ukuran gambar, singkatnya, media menjadi mudah untuk diprogramkan.New Media adalah media dapat mengoperasikan sifat otomatis dalam berbagai perangkatnya. Contohnya: Program edit gambar seperti Photoshop dapat dengan otomatis memperbaiki gambar hasil scan, membersihkan gambar dan meningkatkan kontras gambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar